Langsung ke konten utama

Pengantar Bisnis Informatika

Nama : Novia Nur Hasanah
Kelas : 4IA25
NPM : 55412399



Perkembangan yang serba menggunakan teknologi ini, membuat banyak prusahaan yang tertarik memiliki usaha atau bisnis dalam skala kecil/menengah/besar yang bergerak dalam perusahaan IT.
Dalam penugasan pada matakuliah pengantar bisnis informatika, saya akan mengangkat nama perusahaan besar. Perusahaan besar yang saya akan bahas yaitu Oracle.

1.      Perusahaan IT Oracle

Profil Oracle
adalah salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen basis data (database management system), perangkat lunak untuk mengembangkan basis data, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning dan perangkat lunak manajemen rantai pasok. Oracle merupakan salah satu perusahaan piranti lunak terbesar di dunia yang  menghasilkan  produk-produk  inovatif  dan  mempunyai  prospek ekonomi  yang  besar.  Produk  yang  dihasilkan  meliputi  application,middleware dan database. Oracle dibentuk pada tahun 1977 dengan produkrevolusioner  internet  database  pertama  yang  dibentuk  dari  sistem grid model cloud computer.

Struktur Organisasi Oracle

Pengertian organisasi secara umum adalah sekelompok orang yang berkerja bersama-sama demi  mencapai  tujuan tertentu.  Organisasi  sangat penting dalam suatu perusahaan karena organisasi  menentukan arah dan tujuan serta Keberhasilan dari suatu perusahaan. Adapun struktur organisasi Oracle Indonesia.




2.      Bidang TIK Oracle

Secara garis besar bidang usaha yang dijalankan oleh PT Oracle Indonesia terbagi menjadi
Dua bagian utama, yaitu EducationdanProduct.

             Education

Layanan jasa Education ini diperuntukkan bagi pelanggan maupun non pelanggan yang ingin memperdalam, mempelajari maupun meningkatkan performa produk dari Oracle. Meliputi be- berapa training course yang dikelompokkan berdasarkan software yang diproduksi oleh Oracle. Berikut pengelompokan training  course yang disediakan oleh Oracle :
·                     Database and Grids
·                     Linux
·                     Development Tools
·                     Fusion Middleware
·                     Oracle9i Application Server
·                     Data Warehousing and Oracle BI
·                     Java
·                     Hyperion
·                     Siebel
·                     Sun - MySQL Database
·                     Sun - Java / Application Development
·                     Sun - Virtualization Administration
·                     Sun - Server Administration
·                     Sun - Solaris / System Administration
·                     Sun - Application Infrastructure

Selain itu, PT Oracle Indonesia juga menyediakan layanan pengambilan sertifikasi. Berikut beberapa Oracle Certification Program:
·           Database
   Oracle Database 11g Oracle Database 10g
·           Java and Middleware Java SE 7
Java EE 6
Java EE 5
Oracle Forms and PL/SQL
Oracle Service Oriented Architecture Hyperion
Oracle WebLogic Server 11g
·           Applications Siebel
Oracle E-Business Suite R12 PeopleSoft Enterprise
JD Edwards EnterpriseOne
·           Server and Storage Systems Oracle Solaris 11
Oracle Solaris 10 Oracle Solaris Cluster Oracle Linux

                    Product

Layanan produk dan jasa yang ditawarkan oleh Oracle dikelompokan berdasarkan jenis software. Berikut beberapa produk dari Oracle:
·                     Database
Oracle Database 11g Oracle Database 10g Oracle Database 9i
·                     Operating System
Oracle Solaris 11 Oracle Solaris Cluster Oracle Linux
·                     Middleware
Oracle Forms and PL/SQL
Oracle Service Oriented Architecture Hyperion
Oracle WebLogic Server 11g
·                     Applications Siebel
Oracle E-Business Suite R12 PeopleSoft Enterprise
JD Edwards EnterpriseOne
·                     Server and Storage Systems Sun Servers
Sun Blade Servers Flash Storage

3.      Luas Lingkup Area bisnis
a.       Wilayah. Oracle sudah diakui oleh banyak negara, ruang lingkup perusahaan yang ada di indonesia berada di :
1.      PT. Oracle Indonesia
Office Tower 9th Floor Sentral Senayan I, No. 8 Jalan Asia Afrika, Tanah Abang, 10270, Central Jakarta, DKI Jakarta
2.      PT. Oracle Indonesia
Sentral Senayan 1 lantai 9 Jalan Asia Afrika 10270
b.      Jumlah Karyawan.
Karyawan yang bekerja di Oracle sebanyak 68,236 data diambil pada tahun 2007



4. Besar Omset Oracle
Besarnya omset yang diterima oleh oracle yang didata pada tahun 2010 adalah,


 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data_Oracle
https://www.academia.edu/4506605/LAPORAN_KP_672008146
http://www.streetdirectory.com/businessfinder/indonesia/jakarta/company_detail.php?companyid=38232&branchid=99528
https://id.wikipedia.org/wiki/Oracle_Corporation


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Direktori Linux dan Windows

LINUX Linux adalah opensource OS yang bersifat multiuser juga multitasking yang   dapat berjalan dalam berbagai platform. OS Linux terdiri atas : 1. Kernel, inti dari sistem operasi 2. Program Sistem, dibutuhkan agar suatu OS dapat berjalan 3. Program Aplikasi, dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tertentu LINUX merupakan UNIX-like yang berarti sistem yang terdapat pada LINUX merupakan hasil dari pengimplementasian / varian dari OS UNIX yang memiliki struktur utama: 1. Kernel Linux Merupakan software original yang dibuat oleh komunitas Linux. Tugasnya adalah berinteraksi dengan hardware komputer. 2. System Libraries Bertugas mendefinisikan set standar dari suatu fungsi untuk membuat aplikasi dapat berinteraksi dengan kernel. Implementasi dari fungsi-fungsi ini ada pada fungsionalitas OS yang tidak membutuhkan hak penuh atas kernel. 3. System Utilities Merupakan program yang menunjukan tugas manajemen yang individual juga diperlukan untuk mengi

Proposisi, Inferensi, dan Implikasi

Preposisi            Proposisi ialah kalimat logika yang merupakan pernyataan tentang hubungan antara dua atau beberapa hal yang dapat dinilai benar atau salah. Dengan kata lain, Proporsisi sebagai pernyataan yang didalamnya manusia mengakui atau mengingkari sesuatu tentang sesuatu yang lain. Unsur – Unsur  Proposisi Setiap proposisi akan mengandung undur-unsur berikut ini, yaitu:  a. Term subyek     :  hal yang tentangnya pengakuan atau pengingkaran ditujukan. Term subyek dalam sebuah proposisi disebut subyek logis. Ada perbedaan antara subyek logis dengan subyek dalam sebuah kalimat. Tentang subyek logis harus ada penegasan/pengingkaran sesuatu tentangnya. b. Term predikat   :  isi pengakuan atau pengingkaran itu sendiri (apa yang diakui atau diingkari). Term predikat dalam sebuah proposisi adalah predikat logis yaitu apa yang ditegaskan/diingkari tentang subyek. c. Kopula             :  penghubung antara term subyek dan term predikat dan sekaligus mem

KOMPUTASI PARALEL

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll. Konsep Pararel Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel unt