Langsung ke konten utama

Web Science


Web Science

Dengan berkembangnya Teknologi yang sangat memadai dan mempermudah Manusia dalam melakukkan kegiatan sehari-hari, seperti halnya mencari sebuah informasi, mendapatkan informasi dapat dilakukan secara efisien dalam jangka waktu yang sangat sebentar seseorang akan dengan mudah mendapatkan informasi yaitu dengan jaringan Internet yang menggunakan software pendukung web browser dan halaman pemuat informasi.
Web Science berasal dari kata Web dan Science. Web merupakan perangkat lunak yang berupa halaman halaman pemuat gambar,video,animasi,text,audio dan suara yang dapat memunculkan suatu infomasi. Sedangkan Science yang selalu berkaita dengan pengetahuan. Sehingga web science merupakan suatu disiplin ilmu pengetahuan mengenai halaman informasi berbasis web.

Sejarah Web
Asal usul atau sejarah web berawal dari ilmuwan yang bernama Tim Berners-Lee, dengan background pendidikan pengolahan teks, komunikasi, dan real-time software.
Tahun 1980 di Eropean Laboratory for Praticle Physics di Centre European Recheiche Nuclaire. Pada masa ini sedang membangun sebuat alat dan media perangka lunak(Enquire) adalah database halaman-halaman data dan informasi yang saling terkoneksi(linked)
Tahun 1990 Tim Berners-Lee dan Robert Caillau yang bekerja di CERN yang membuat proposal yang disempurnakan unttuk mengembangkan Hyper Text Markup Language yang pertama berada dilingkungan komputer neXT . dan pada akhir tahun 1990 tercipta dan dipublikasikan web browser pertama diberi nama world wide web dan tahun berikutnya diaktifkan sebuah web server.
Di tahun 1993 bermunculan web browser seperti Midas,Erwise,Viola,dan Samba. Dan pada tahn ini CERN menyetujui siapa saja dapat mengakses web protocol dan kode-kode bebas royalty.
Dan pada tahun 1994 ditahun ini sedng banyak digencarkan seminar dan konferensi mengenai teknologi web dengan menggunakan sistem Internet dial-up yang menunjang perkembangan web  dan bulan October 1994 dibentuk  Konsorsium dengan nama World Wide Web Consortium(W3C)
Hingga akhirnya prkembangan web sangan berkembang dan bermanfaat sekali untuk membantu Manusia menjalani aktivitas seperti mendapatkan Informasi, ilmu, hiburan dan bahkan dapat bersosialisasi melalui web.

Pre Web
Hypertext : bahasa markup yang digunakan membuat halaman web dengan frmatting hypertext ditulis dalam ASCII yang menghasilkan pengolah kata menjadi hme page dengan perintah HTML.
Internet(Interconection Networking) adalah jaringan komputer yang saling menghubungkan dengan adanya perangkat pendukung salah satunya adalah TCP/IP. Dngan menggunakan software web browser dan menuliskan alamat url suatu halaman web.
Usenet : adalah sistem perangkat lunak yang mendistribusikan artikel set/halaman informasi diseluruh dunia.
FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk melakukan pengunduhan/download dan pengugahan/upload berkas berkas dikomputer atara klien.
Gopher adalahprotocol layer aplikasi TCP/IP yang digunakan untuk distribusi, pencarian dan pengambilan dokumen melalui internet.
Pertumbuhan sosial dan Ekonomi
Menurut saya dengan adanya perkembangan teknologi sekarang ini juga memicu pertumbuhan didalam aspek sosial, dilihat darimana sosialnya? Padahal jika dilihat seseorang menggunakan web didepan laptop/PC/gadget hanya berdiam diri didepan layar, tapi taukah kalian bahwa dengan website kita dapat berinteraksi, memperluas informasi baik dibidang sosial..sehingga dapat menghubungkan orang stau ke yang lainnya sehingga seseorang dapat mengenal,mempertambah ataubahkan menemukkan orang-orang yang sudah lama tidak berjumpa, karena dengan memasukkan informasi dataatau gambar mengenai seseorang/diri kita maka orang yang mencari akan menemukkan apa yang ingin ditemukkan oleh orang tersebut melalui halaman web. Dan dapat mempertambah pertumbuhan sesorang/kelompok/masyarakat yaitu dengan mempromosikan suatu barang yang dijual melalui halam web.
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke bidang ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001].) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
2.      Arsitektur Web dan Aplikasi Utama:

-          HTTP(Hypertext Transfer Protocol)adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web

-          HTML (HyperText Markup Language) merupakan sebuah bahasa standar yang digunakan oleh browser Internet untuk membuat halaman yang kemudian dapat diakses.


-          Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

-          Web Server dapat menuju pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu:


-          Web browser/penjelajah web merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet, dengan menuliskan alamat URL  yang dapatmenuju halaman web yang berisi  gambar, video, atau jenis konten lainnya. :

-          Transactions : dapat berhubungan dengan database yang berisi DDL,DML, dan DCL untu pengerasian database.

-          User Generated Content atau dikenal dengan consumer-generated media (CGM) atau user-created content (UCC), merupakan berbagai konten yang tersedia untuk umum yang di produksi oleh end user itu sendiri.


-          Blogs merupakan singkatan dari web dan log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web


-          Wikis adalah situs yang mengizinkan penggunanya menambah atau mengisi situs tersebut.

-          Folksonomies: metode untuk menciptakan dan mengatur tag yang menjelaskan dan mengategorikan content yang berisi link menuju halaman yang dimaksud.

-          Social Networks : aktivitas berinteraksi didalam jejaring sosial pada jaringan internet melalui halaman web.
Semantic Web Summary
-XML(Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam
-RDF(Resource Development Framework) adalah framework yang mendefinisikan resource di dalam web.
- Web Ontologi Language(OWL) adalah bahasa untuk mendefinisikan dan ontologi instantiating web. ontologi OWL termasuk deskripsi kelas, properti dan mereka contoh. OWL digunakan untuk secara eksplisit merepresentasikan makna istilah dalam kosakata dan hubungan antara istilah-istilah. Ini digunakan untuk representasi pengetahuan dan juga berguna untuk menurunkan konsekuensi logis dari OWL semantik formal.
-Microformats adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah terbaca yang berkaitan dengan pengetahuan umum.
-Microdata adalah Spesifikasi HTML yang berbasisi WHATWG yang digunakan untuk sarang simentik pada konten di halaman web.

3.      Pengelolaan Web :
Pemerintahan
Hukum Privasi adalah hal yang sangat penting, maka dari itu kami tuliskan beberapa kebijakan privasi (privacy policy) yang berhubungan dengan penggunaan etika yang akan diucapkan atau ditampilakan contoh memberi komentar yang sopan.
Hukum hak cipta(copy right) berlaku pada berbagai jenis karya seni atau karya cipta atau “ciptaan”. Ciptaan tersebut dapat mencakup puisi, drama, serta karya tulis lainnya, film, karya-karya koreografis (tari, balet, dan sebagainya), komposisi musik, rekaman suara, lukisan, gambar, patung, foto, perangkat lunak komputer, siaran radio dan televisi, dan (dalam yurisdiksi tertentu) desain industri.

Prinsip dan serangan
merupakan sesuatu yang wajib kita punya saat membuat suatu website, karena semua itu akan sia-sia jika website yang kita gunakan diserang oleh hacker. 
untuk menghasilkan aplikasi yang aman. Misalnya, pengamanan yang dibutuhkan untuk web perorangan web perusahaan.
Kasus pada Syrian Internet Army
The Syrian Electronic Army (SEA), atau juga dikenal sebagai Syrian Electronic Soldiers, adalah kumpulan hacker komputer yang mendukung pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad. Menggunakan serangan denial of service, perusakan, dan metode lainnya, terutama menargetkan kelompok oposisi politik dan situs barat, termasuk organisasi berita dan kelompok hak asasi manusia. Tentara Elektronik Suriah adalah publik pertama, tentara maya di dunia Arab untuk secara terbuka melancarkan serangan cyber pada lawan-lawannya, meskipun sifat yang tepat dari hubungan dengan pemerintah Suriah tidak jelas.
Serangan elektronik (peretasan) terhadap web site barat dapat menjadi salah satunya dan pembenaran untuk tindakan balasan ke pihak Suriah. Walau tidak dapat menjadi pembenaran untuk invasi militer, tapi hal ini dapat membuka front perang cyber secara besar-besaran, yang mungkin saja akan diakhiri oleh invasi militer.
Hanya saja, perlu diamati dengan cermat pernyataan para pejabat anggota NATO di media, bahwa mereka cenderung kompak. Berbeda dengan kondisi tahun 2003, dimana struktur komando NATO terpecah, karena Perancis dan Jerman menentang invasi ke Irak, hal itu tidak terjadi pada kasus Suriah.
Jika memang situasi semakin memanas, bukannya tidak mungkin NATO akan memutuskan invasi militer, seperti yang terjadi pada kasus Lybia. Di sisi lain, pihak Rusia dan China, sebagai anggota tetap dewan keamanan PBB, selalu secara tegas menolak setiap ide pihak barat untuk melakukan invasi militer.
Hanya saja, apakah veto Rusia dan China bisa mencegah invasi, hal itu adalah tanda tanya besar. Veto mereka terbukti tidak efektif dalam mencegah invasi Amerika Serikat dan Inggris ke Irak pada tahun 2003.
Satu hal yang perlu dicatat, bahwa jika memang akhirnya invasi terjadi, maka semua itu dimulai dengan perang cyber, yang sudah terjadi sejak tahun 2011.
Bagaimanapun, kita semua tidak pernah setuju akan terjadinya perang, karena sudah pasti akan jatuh korban rakyat/sipil yang tidak berdosa. Meletakkan senjata dan maju ke meja perundingan selalu adalah solusi yang terbaik bagi semua pihak.



4.             Web Content
Media dan standar
Merupakan alat yang digunakan untuk memuat content atau isi dari halaman web yang dapat mempermudah pengelihatan seseorang pencari informasi sehingga media jelas dan standar dapat dimengerti.
Bahasa dan keberagaman budaya
Merupakan hal yang sangat diperlukkan dalam menulis suatu hal didalam halaman web untuk memuat informasi dan penggunaan bahasa yang baik dan benar merupakan hal yang paling efektif agar pembaca dapat mengerti maksud dari penulisan dihalaman web tersebut.
Model Generative
Pengetahuan yang menggunakan objek dunia virtual ditentukan oleh daftar geometris di bentukan CSG, NURBS patch, satu set fungsi implisit, segitiga, atau hanya dengan sebuah titik.

Model Retorika di web
Titik tolak retorika adalah berbicara. Berbicara berarti mengucapkan kata atau kalimat kepada seseorang atau sekelompok orang, untuk mencapai suatu tujuan tertentu (misalnya memberikan informasi ata memberi motivasi). Berbicara adalah salah satu kemampuan khusus pada manusia. Oleh karena itu pembicaraan itu setua umur bangsa manusia. Bahasa dan pembicaraan itu muncul, ketika manusia mengungkapkan dan menyampaikan pikirannya kepada manusia lain. Tapi didalam website yaitu melalui tulisan si penulis berbicara pengantar materi yang ia tulis.
Web amotations:
-          Tagging atau mengikut sertakan hal yang berkaitan dengan isi tag tersebut.
-          Meta data adalah mendeksripsikan membuat mengatur dan mengelola informasi
-          rich snippets menampilkan hasil pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Direktori Linux dan Windows

LINUX Linux adalah opensource OS yang bersifat multiuser juga multitasking yang   dapat berjalan dalam berbagai platform. OS Linux terdiri atas : 1. Kernel, inti dari sistem operasi 2. Program Sistem, dibutuhkan agar suatu OS dapat berjalan 3. Program Aplikasi, dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tertentu LINUX merupakan UNIX-like yang berarti sistem yang terdapat pada LINUX merupakan hasil dari pengimplementasian / varian dari OS UNIX yang memiliki struktur utama: 1. Kernel Linux Merupakan software original yang dibuat oleh komunitas Linux. Tugasnya adalah berinteraksi dengan hardware komputer. 2. System Libraries Bertugas mendefinisikan set standar dari suatu fungsi untuk membuat aplikasi dapat berinteraksi dengan kernel. Implementasi dari fungsi-fungsi ini ada pada fungsionalitas OS yang tidak membutuhkan hak penuh atas kernel. 3. System Utilities Merupakan program yang menunjukan tugas manajemen yang individual juga diperlukan untuk mengi

Proposisi, Inferensi, dan Implikasi

Preposisi            Proposisi ialah kalimat logika yang merupakan pernyataan tentang hubungan antara dua atau beberapa hal yang dapat dinilai benar atau salah. Dengan kata lain, Proporsisi sebagai pernyataan yang didalamnya manusia mengakui atau mengingkari sesuatu tentang sesuatu yang lain. Unsur – Unsur  Proposisi Setiap proposisi akan mengandung undur-unsur berikut ini, yaitu:  a. Term subyek     :  hal yang tentangnya pengakuan atau pengingkaran ditujukan. Term subyek dalam sebuah proposisi disebut subyek logis. Ada perbedaan antara subyek logis dengan subyek dalam sebuah kalimat. Tentang subyek logis harus ada penegasan/pengingkaran sesuatu tentangnya. b. Term predikat   :  isi pengakuan atau pengingkaran itu sendiri (apa yang diakui atau diingkari). Term predikat dalam sebuah proposisi adalah predikat logis yaitu apa yang ditegaskan/diingkari tentang subyek. c. Kopula             :  penghubung antara term subyek dan term predikat dan sekaligus mem

KOMPUTASI PARALEL

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll. Konsep Pararel Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel unt