Langsung ke konten utama

Web dan perilaku pengguna /Interaksi Manusia Komputer



Dengan tumbuhnya teknologi yang sangat berkembangg pesat di era modern seperti saat ini, membuat manusia dapat berinteraksi dengan teknologi misalnya dengan berselancar menggunakan media Internet sebagai sarana untuk mendapatkan informasi melalui suatu halaman web.
Didalam suatu halaman web terdapat fitur Navigasi,Pencarian(search),dan Rekomendasi web yang dapat memudahkan user/pengguna web untuk mendapat berbagai sumber informasi yang mereka inginkan.

Perilaku Navigasi
Navigasi Web,  terdapat dibagian layout tampilan pada web, dan Navigasi berfungsi untuk memandu  dan mengantarkan pengunjung web kepada isi informasi yang dicari pada halaman web tersebut.

Ada dua tipe navigasi :

1. Standar merupakan jenis yang memberikan overview dan peta penjelajahan sebuah situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian header, left,right  atau footer.

2. Advance merupakan jenis ini masih bertujuan sebagai alat untuk menelusuri sebuah situs,  dengan cara lebih spesifik. Misalnya pada situs online shop seperti melihat barang lewat kategori barang , range harga barang, dll yang mempermudah pengunjung dalam mencari kebutuhan  mereka.
Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif.

Perilaku Pencarian (search)
perilaku pencarian(search) merupakan bagian yang terdapat di dalam suatu web, dengan Pencarian internal dengan tetap mengkategorikan batasan-batasan pencarian yang pengunjung cari sehingga  pengunjung dapat mendapatkan berbagai informasi yang mereka inginkan pada halaman web tersebut dengan sangat mudah. 

Rekomendasi Web
Rekomendasi web merupakan layanan web yang menyarankan user/pengunjung pengguna Internet pada halaman web yang biasanya digunakan untuk mengunjungi suatu situs web yang user cari. Misalnya user mencari informasi pada mesin pencarian(search engine) untuk mendapatkan informasi yang user cari. Contoh lain biasanya terdapat pada halaman/situs web yang didalamnya terdapat file download dan biasanya terdapat saran berupa miror halaman web lain tapi sama-sama dapat mendownload file terpilih tersebut.


Web dan Perilaku Sosial

Dengan munculnya berbagai situs halaman web mulai dari web yang berisikan penjualan barang (online shop),  hiburan seperti game, media jejaring sosial, atau halaman web portal yang mengisikan artikel atau berita terkait danberbagai jenis isi halaman web lainnya. Dan ternyata dapat mempengaruhi perilaku sosial ditengah masyarakat sekarang ini, seperti web merefleksikan dan mempengaruhi perilaku sosial.

Web merefleksikan perilaku sosial

Dengan adanya suatu web, yang berfungsi tidak hanya sebagai sarana informasi tapi juga sebagai sarana berinteraksi secara pasif.. kenapa di bilang pasif? Jawabannya adalah karena interaksinya yang user/pengguna web gunakan tidak bertemu dengan orangnya secara langsung hehe tapi masih saling berkomunikasi atau sekedar melihat lihat keadaan teman contohnya lewat halaman web yang marak di gandrungi kalangan masyarakat saat ini seperti facebook,twitter,path,atau instagram. Dan juga sebagai sarana hiburan contohnya ada situs web yang memuat hiburan seperti game, hal ini dapat mereflexsikan seseorang pengguna web untuk melakukan perilaku sosial pada media internet melalui halaman web.


Web mempengaruhi perilaku sosial

Mempengaruhi perilaku sosial, yapz...hampir dipastikan sebagian masyarakat saat ini banyak yang sudah terpegaruh dengan kemajuan teknologi contohnya pada halaman web. Pengaruh tersebut berdampak positif dan negatif bagi user/ pengguna nya.

Dampak positif :
1.      Banyak berbagai informasi yang disajikan pada suatu web
2.      Sangat efisien digunakan untuk mencari suatu informasi
3.      Dapat menemukan,dan sarana berinteraksi dengan teman lama
4.      Sebagai sarana hiburan, seperti bermain game online dengan berbagai teman di belahan dunia
5.   Dapat sebagai sarana perniagaan atau bisa disebut online shop dengan menawarkan berbagai jenis barang
6.  Sebagai lahan pencaharian bagi programer web, karena tumbuhnya teknologi yang serba menggunakan internet dengan mencari kesuatu situs halaman web

Dampak negatif :

1.      Dapat dengan mudah mengakses informasi seperti pornografi
2.      Terdapat kejahatan cyber
3.      Dapat menjadikan seseorang menjadi tidak kenal dengan orang lain
4.    Lupa waktu, karena keasyikan menggunakan dan berselancar di web dan media teknologi lainnya
5.      Dapat memicu yang namanya Penipuan contohnya pada kasus jual-beli
6.      Menimbulkan ketagihan/kecanduan contohnya pada  game online

Struktur Web

Web memiliki struktur, yang paling penting saat merancang sebuah situs web adalah desain konseptual, atau lebih tepatnya penampilan. Selain teks, website itu sendiri juga harus memiliki grafis yang sangat baik, grafis, dan tata letak grafis nya. Dari latar belakang, header, footer konten serta semua harus diperlakukan sebagai web desain grafis adalah seni menciptakan situs web yang membuat user/pengguna web tersebut tertarik melanjutkan mencari baaan yang mereka cari.

Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :
  • Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
  • Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
  • Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
  • Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs
Link Structure
Struktur Situs Web :
·         Struktur Linear
·         Struktur Grid
·         Struktur Hierarki
Struktur Linear :
·         Struktur linear murni
·         Struktur linear dengan halaman tambahan
·         Struktur linear dengan halaman pilihan
·         Struktur linear dengan halaman alternatif


Small World

Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul ,namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda), tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua karakteristik small world network.
                                                          
Social network sites

Social network sites merupakan layanan dalam jaringan, platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan sosial atau hubungan sosial di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang, atau hubungan dunia nyata yang sama. Suatu layanan jejaring sosial terdiri dari perwakilan masing-masing pengguna (biasanya berupa profil), hubungan sosialnya, dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan ini berbasis web dan penggunanya berinteraksi melalui Internet, seperti surat elektronik. Layanan komunitas dalam jaringan kadang dianggap sebagai layanan jejaring sosial, meski dalam artian yang lebih luas layanan jejaring sosial bersifat terpusat pada individu, sementara layanan komunitas daring bersifat terpusat pada grup. Situs-situs jejaring sosial memungkinkan pengguna berbagi ide, aktivitas, acara, dan ketertarikan di dalam jaringan individunya masing-masing.

Blogosphere

Adalah suatu interkoneksi antar blog yang tergabung dalam sebuah  domain dan domain tersebut tergabung dalam Internet.  Contohnya : Technorati, Top of Blogs, Blog Top Site termasuk juga dengan blog directory, sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis postingan, ada berupa blog berita, hobiis, blog yg berisi tips dan trick dll.

Analisis Web

Pengukuran Web (ukuran, unjuk kerja)

Di bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk mengukur website dari segi kecepatan akses dan performanya, serta mengukut banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website.
1.PINGDOM TOOLS
Pingdom Tools merupakan sebuah alat ukur kecepatan website dapat di akses, nilai dari sebuah website, dan berapa ukuran dari sebuah website tersebut.Beberapa kelebihannya di kategorikan sebagai berikut  :
·    Performance Grade : melihat nilai kecepatan performa halaman web, dari akses DNS, browser cache, combine external css dan lain-lain.
·        Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
·         Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.
·         History : melihat detail akses dari beberapa hari lalu.

Kekurangan yang terdapat pada tools ini, sama seperti tools alat ukur akses web pada umumnya yaitu Membutuhkan akses internet yang stabil, karena tidak mungkin kita bisa mengukur kecepatan akses suatu website kalau akses internet kita terhadap website tersebut tidak stabil/berjalan dengan baik.

2.GTMETRIX
GTmetrix adalah website untuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota maka dapat:
-          Melihat tes sebelumnya untuk membandingkan hasilnya
-          Menjadwalkan cek website secara otomatis
-          Menyimpan laporan
-          Memilih hasil laporan untuk ditampilkan ke public atau tidak
Kelebihan GTmetrix :
-          Dapat menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine
-          Dapat membandingkan beberapa URL sekaligus
-          Menjadwalkan cek website secara otomatis
-          Dapat menyimpan laporan
-          Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.
Kekurangan GTmetrix : Jika menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.

3.ALEXA RANK
Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.

Kelemahan Alexa:
1.      Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
2.    Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP (Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .

Kelebihan Alexa :
1.      Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
2.      Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic 3.Data pengunjung akan menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung website kita 4.Data clickstream akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program keanggotaan dan kemitraan.

Crawlers

Crawler bertugas untuk mengindeks, membuat rangking, menyusun dan menata halaman dalam bentuk indeks terstruktur agar bisa dicari dalam waktu yang sangat cepat.Obyek dari crawler adalah isi halaman, file, folder dan direktori web, sedangkan subyek dari robots.txt adalah mesin pencari/search engine crawler.Crawler ini penting dipahami untuk SEO.

Crawler akan berhadapan dengan robotsg.txt yang akan memandu mesin pencari/search engine seperti google, yahoo dan bing untuk mengindeks sebuat blog atau website, sehingga crawler akan tahu mana halaman, folder atau file yang boleh diindeks atau tidak, semakin lengkap sebuah panduan dalam robots.txt akan lebih baik, dengan demikian robot crawler akan dengan cepat mengindeks isi website, kebanyakan halaman situs berisi link ke halaman lain.

Search engines

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tertang banyak halaman web, yang diambil secara langsung dari www. Halaman ini di ambil dengan web crawler-browsewr web yang otomatis mengikuti setiap pranala yang di lihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya kata-kata di ambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang di sebut meta tag ).

Web Archiving

Pengarsipan web (Web Archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.

Cara Kerja Web Archiving :

Yang paling umum web pengarsipan teknik menggunakan web crawler untuk mengotomatisasi proses pengumpulan halaman web. Web crawler biasanya mengakses halaman web dengan cara yang sama dengan yang dilakukan user yang menggunakan web browser untuk menemukan website yang ingin dicari.

Berikut Ini adalah Beberapa Contoh Layanan yg melayani jasa Web Archiving:

·         Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk Membangun, Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri
·         Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Gratis Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar dari sebuah website tertentu. Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.
·         Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web yang khusus untuk agensi pemerintahan, organisasi Finansial, brand heritage,dll.


Ekonomi Web

Dengan adanya suatu web,dapat  berguna untuk menghasilkan pendapatan..karena didalamnya terdapat perniagaan. 

Iklan, termasuk lintas laman iklan

Didalam suatu web yang dapat menarik banyak pengunjung otomatis dapat dijadikan peluang yang besar untuk dilakukannya perekonomian, contohnya memuat layanan Iklan pada suatu halaman web, iklan berguna untuk memperkenalkan barang, perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan.

Pencarian

Pencarian, pencarian disini adalah yang berkaitan dengan bidang perniagaan ekonomi dan web ini biasa disebut web e-commrce. Web berbasis e-commrce merupakan web pendukung penjualan secara online dengan adanya calon pembeli dan yang menawarkan produk dan jasa. dengan adanya web e-commerce memudahkan pengguna web/user yang sedang mencari sesuatu yang dapat meningkatkan penghasilan(mendapatkan lowongan pekerjaan atau menawarkan suatu produk ke konsumen) dan misalnya seperti mendapatkan kebutuhan dengan membeli barang.

Auctioning dalam pencarian dan online auctions

Online auction merupakan strategi pasar dimana terjadi mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai.

Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :

Manfaat bagi penjual :
1)    Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
2)    Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
3)    Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
                                                                                         
      Manfaat bagi pembeli :

1.    Kesempatan untuk menemukan barang yang dicari
2.    Hiburan bagi pembeli
3.    Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular

Manfaat bagi Auctioner :
1)    Pembelian yang lebih tinggi.
2)    Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
3)    Ekspansi bisnis lelang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Direktori Linux dan Windows

LINUX Linux adalah opensource OS yang bersifat multiuser juga multitasking yang   dapat berjalan dalam berbagai platform. OS Linux terdiri atas : 1. Kernel, inti dari sistem operasi 2. Program Sistem, dibutuhkan agar suatu OS dapat berjalan 3. Program Aplikasi, dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tertentu LINUX merupakan UNIX-like yang berarti sistem yang terdapat pada LINUX merupakan hasil dari pengimplementasian / varian dari OS UNIX yang memiliki struktur utama: 1. Kernel Linux Merupakan software original yang dibuat oleh komunitas Linux. Tugasnya adalah berinteraksi dengan hardware komputer. 2. System Libraries Bertugas mendefinisikan set standar dari suatu fungsi untuk membuat aplikasi dapat berinteraksi dengan kernel. Implementasi dari fungsi-fungsi ini ada pada fungsionalitas OS yang tidak membutuhkan hak penuh atas kernel. 3. System Utilities Merupakan program yang menunjukan tugas manajemen yang individual juga diperlukan untuk mengi

Proposisi, Inferensi, dan Implikasi

Preposisi            Proposisi ialah kalimat logika yang merupakan pernyataan tentang hubungan antara dua atau beberapa hal yang dapat dinilai benar atau salah. Dengan kata lain, Proporsisi sebagai pernyataan yang didalamnya manusia mengakui atau mengingkari sesuatu tentang sesuatu yang lain. Unsur – Unsur  Proposisi Setiap proposisi akan mengandung undur-unsur berikut ini, yaitu:  a. Term subyek     :  hal yang tentangnya pengakuan atau pengingkaran ditujukan. Term subyek dalam sebuah proposisi disebut subyek logis. Ada perbedaan antara subyek logis dengan subyek dalam sebuah kalimat. Tentang subyek logis harus ada penegasan/pengingkaran sesuatu tentangnya. b. Term predikat   :  isi pengakuan atau pengingkaran itu sendiri (apa yang diakui atau diingkari). Term predikat dalam sebuah proposisi adalah predikat logis yaitu apa yang ditegaskan/diingkari tentang subyek. c. Kopula             :  penghubung antara term subyek dan term predikat dan sekaligus mem

KOMPUTASI PARALEL

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll. Konsep Pararel Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel unt