Langsung ke konten utama

Tugas Softskill I

Nama   : Novia Nur Hasanah
NPM   : 55412399
Kelas   : 3IA25

Tugas Softskill I
Pengantar Teknologi Game

Pengertian Game 

 

Game diambil dari bahasa inggris yang memiliki arti dasar Permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
 
Pada awalnya, game identik dengan permainan anak-anak. Kita selalu berpikir game merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang dapat menyenangkan hati mereka. Tetapi saat ini game tidak hanya digunakan untuk anak-anak, berbagai kalangan bisa memainkannya,apalagi dengan teknologi modern yang menerapkan game berbasis teknologi. Dengan kata lain, segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Ada macam-macam permainan yaitu permainan(game) tradisional dan permainan(game) berbasis teknologi.

Permainan tradisional merupakan jenis permainan yang mengandung nilai-nilai budaya pada hakikatnya merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan keberadaannya. Ada permainan yang sifatnya bertanding dan ada juga yang diutamakan utamakan untuk mengisi waktu luang sebagai bentuk rekreasi. Pengelompokan jenis permainan yang bersifart games ada yang single, satu lawan satu, ada yang satu lawn kelompok, ada juga yang kelompok lawan kelompok.Jika diamati dari aktivitas yang dilakukan anak, permainan tradisional mengandung keterampilan dan kecekatan kaki dan tangan, menggunakan kekuatan tubuh, ketajaman penglihatan, kecerdasan fikiran, keluwesan gerak tubuh, menirukan lingkungan dan alam, memadukan gerak irama, lagu dan kata-kata yang sesuai dengan arti dan gerakannya.

Dan permainan berbasis teknologi, yang saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. 

Tidak hanya dapat diterapkan pada computer, saat ini sedang maraknya bermain digadget, smartphone,dan handphone. Para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya. Jadi, bermain game adalah suatu proses “fine tuning” (atau penyamaan frekuensi) dari logika berpikir anak-anak kita dengan logika berpikir aplikasi komputer yang canggih tadi. Pada saat bersamaan, game juga secara nyata mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan cepat yang jitu. Namun, tentu saja kenyataan juga harus kita masukkan kedalam perhitungan. Kenyataan itu diantaranya adalah kecanduan para pemain / penggunanya yang akut terhadap permainan komputer semacam ini. Mereka bisa lupa segala-galanya akan tugas mereka yang lain termasuk tugas menuntut ilmu
.
PERKEMBANGAN GAME 

 
            Game sendiri sudah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu dalam bentuk permainan tradisional. Di berbagai negara, terdapat permainan tradisional tersendiri sesuai dengan budaya masing-masing negara. Namun, disini akan dibahas tentang sejarah game tradisional. Penulis berfokus pada sejarah perkembangan game pada masa munculnya konsol dan video games.
            Disini akan dibahas 3 sejarah game berdasarkan tipenya, yaitu: sejarah game secara umum, sejarah game PC, dan sejarah game smartphone. Di sini, dapat dilihat bahwa terdapat beberapa perbedaan antara satu tipe game dengan tipe lainnya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya untuk sejarah masing-masing tipe game.

Sejarah Game Secara Umum
            Sebelum video games muncul dengan tanpilan modern seperti pada saat ini, masih banyak orang yang belum mengenal komputer dan perkembangan teknologi informasi saat itu masih lambat. Ketika itu, komputer memiliki biaya mahal, membutuhkan ruang yang luas, konsumsi daya yang besar, dan kebutuhan staf terlatih untuk mengoperasikannya. Hal ini menyebabkan adanya lingkungan yang membenarkan penggunaan komputer untuk ilmu pengetahuan dan bisnis kerja yang serius.
            Sebagian besar penciptaan permainan pada awalnya hanya untuk pengujian teori-teori yang berkaitan dengan bidang-bidang seperti interaksi manusia-komputer, belajar adaptif, dan strategi militer. Karena penciptaan awalnya yang masih serampangan dan kurangnya kepedulian dalam melestarikan game pada saat itu, merupakan suatu kesulitan tersendiri untuk menentukan video games pertama. Beberapa yang dianggap sebagai game pertama adalah Nimrod (1951), OXO (1952), dan Hutspiel (1955).
            Salah satu game yang paling menonjol di antara semua game pada awal penciptaannya adalah Tennis for Two (1958). Game ini diciptakan pertama kali oleh fisikawan William Higinbotham untuk menghibur tamu di hari pengunjung tahunan yang diadakan Brookhaven National Laboratory. Tennis for Two menampilkan lapangan tenis pada osiloskop dimana dua pemain menggunakan kontroler berbentuk kotak dengan tombol untuk lintasan dan tombol untuk memukul bola. Permainan ini sempat populer, namun akhirnya dibongkar untuk kebutuhan lain.


            Selanjutnya, pada tahun 1962, sekelompok peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang dipimpin oleh Steve Russell bersama dengan mahasiswanya membuat suatu permainan komputer dengan nama Spacewar! Game ini akhirnya dinobatkan sebagai permainan komputer pertama yang berpengaruh secara luas. Permainan ini menceritakan tentang dua pesawat ruang angkasa yang dikendalikan manusia berusaha untuk saling menghancurkan dengan torpedo.

            Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya muncul suatu konsol game yang kelak akan mengubah dunia game secara keseluruhan. Hal ini ditandai dengan lahirnya Magnavox Odyssey pada tahun 1972. Konsol ini muncul berdasarkan inisiatif dari Ralph Baer. Hal ini mengakibatkan game kini bisa dimainkan di mana saja tanpa harus mengunjungi suatu institusi pendidikan.

            Pada perkembangan selanjutnya, terdapat beberapa perkembangan konsol game yang muncul sepanjang sejarah kemunculan video games. Perkembangan ini dapat dirangkum dalam 8 generasi yang berbeda, antara lain sebagai berikut:
1)      Game generasi pertama
Generasi ini ditandai dengan lahirnya konsol game Magnavox Odyssey pada Agustus 1972. Konsol ini diciptakan oleh perusahaan Magnavox atas dasar pemikiran dari Ralph Baer. Odyssey memiliki ciri khas hanya mengeluarkan suara “pong”. Karena hal inilah, muncul game bernama Pong yang bernuansa hitam dengan garis putih-putih. Selain itu, terdapat 27 game yang bisa dimainkan. Konsol yang digunakan pada masa itu masih merupakan konsol analog.

2)      Game generasi kedua
Pada generasi ini, sudah mulai muncul game dengan tipe 8-bit. Generasi ini muncul dari tahun 1976-1982. Ketika itu, sudah banyak konsol game yang bermunculan, tidak hanya Magnavox saja. Beberapa di antaranya adalah Fairchild Channel F dan Radofin 1292. Pada zaman ini, Atari menjadi penguasa konsol game pada tahun 1982 dengan menerbitkan Atari 5200. Saat itu, Space Invaders menjadi game yang paling fenomenal.

3)      Game generasi ketiga
Pada generasi ini, perusahaan game Atari sudah mulai tersingkirkan dengan konsol keluaran Famicom yang akhirnya lebih dikenal dengan nama Nintendo Entertainment System (NES). Walaupun generasi kedua sudah menggunakan prosesor 8-bit, namun istilah “bit” baru dikenal pada konsol di era ini. Selain itu, juga mulai dikenalkan game dengan grafis 16-bit, seperti The Border Lands, Super Mario Bros 2, dan Mortal Kombat. Pada generasi ini, Super Mario Bros miliki Nintendo bersaing ketat dengan Sonic The Hedgehog milik Sega.

4)      Game generasi keempat
Generasi ini mulai muncul pada tahun 1988. Ketika itu, Nintendo dan Sega saling bersaing satu sama lain dalam hal konsol game. Di tahun 1988, Sega meluncurkan Sega Mega Drive atau disebut Sega Genesis. Tampilan grafis pada konsol ini lebih halus dari NES. Namun, penjualan NES masih dalam keadaan sedang tinggi-tingginya. Akhirnya, pada tahun 1990, Nintendo mengeluarkan penerus NES, yaitu SNES (Super Nintendo Entertainment System). Pada generasi ini, Nintendo sudah mulai menguasai pasar game dan juga merilis konsol genggam (handheld console).
5)      Game generasi kelima
Generasi ini berlangsung pada tahun 1994-2001.  Hal ini ditandai dengan rilisnya konsol buatan Sega, yaitu Sega Saturn. Pada era ini, prosesor 32-bit mulai diperkenalkan ke publik. Sony juga mulai mengeluarkan PlayStation (PS) pertama, yaitu PS One dengan salah satu game-nya Driver. Sedangkan, Nintendo meluncurkan Nintendo 64 dengan game besutannya adalah Super Mario 64. Pada masa ini, cartridge sudah mulai digantikan dengan CD yang lebih praktis.
6)      Game generasi keenam
Generasi ini pertama kali muncul pada tahun 1998 dimana Nintendo meluncurkan Nintendo GameCube. Namun, konsol ini tidak dilanjutkan lagi produksinya pada tahun 2007. PlayStation sudah memasuki generasi kedua hingga akhirnya tidak diproduksi pada tahun 2013. Sega Dreamcast juga dibuat oleh Sega pada tahun 2001. Ketika itu, Microsoft ikut berkecimpung dengan meluncurkan Xbox generasi pertama tahun 2001 dan diakhiri produksinya pada 2008. Generasi ini juga dikenal sebagai generasi 128-bit. Di era ini, perang konsol terjadi antara Sony dengan Microsoft yang menyebabkan kejatuhan Sega.
7)      Game generasi ketujuh
Generasi ini berlangsung dari tahun 2005 hingga saat ini. Era konsol ini dimulai ketika Microsoft meluncurkan Xbox 360 pada tahun 2005. Hal ini diikuti dengan munculnya PS3 oleh Sony dan Wii oleh Nintendo dimana keduanya dirilis pada tahun 2006. Pada masa ini, CD biasa sudah mulai digantikan oleh Blu-Ray yang harganya lebih mahal. Mengenai resolusi pada televisi, PS3 menggunakan Full HD, X360 menggunakan HD, dan Wii menggunakan 480p. Controller yang digunakan pada era ini sudah berupa wireless Bluetooth. Namun, untuk Nintendo Wii, controller-nya (Wiimote) menggunakan sinar infra merah. Pada 2010, Sony mengeluarkan PlayStation Move untuk PS3 dan Microsoft membuat Kinect untuk Xbox 360. Keduanya memiliki fungsi yang mirip dengan Wiimote, namun Kinect lebih unggul karena pengguna menjadi controller-nya. Pada generasi ini, sudah mulai dikenal sistem permainan online.
8)      Game generasi kedelapan
Generasi ini dimulai pada tahun 2012 yang juga disebut sebagai Next-Gen. Era ini merupakan masa dimana PS3 mulai dibuat penerusnya dengan PS4, Xbox 360 dengan penerus Xbox One, dan Wii dengan penerus Wii U dengan tambahan gamepad. Generasi ini diharapkan akan mengungguli generasi sebelumnya dengan angka penjualan yang tinggi pada 24 jam setelah perilisannya, yaitu 1 juta unit untuk PS4 dan Xbox One. Pada generasi ini, prosesor AMD mulai digunakan pada konsol dan nVidia membuat kartu grafis untuk PC. PlayStation Vita termasuk dalam generasi ini.

Sejarah Game PC
            Sebelum PC mulai populer belakangan ini, game pada komputer sudah mulai dikenal pada era mainframe dan minicomputer. OXO, game yang berdasarkan permainan tic-tac-toe, diluncurkan EDSAC tahun 1952. Game lain yang juga menjadi pionir adalah Spacewar! yang dikembangkan tahun 1961 oleh mahasiswa MIT.

            Generasi pertama game komputer disebut sebagai text adventures atau interactive fiction dimana pemain berkomunikasi dengan komputer dengan memasukkan perintah menggunakan keyboard. Game Adventure pertama kali dibuat di minicomputer PDP-11 oleh Will Crowther pada 1976. Beberapa game pada era ini juga menggabungkan antara perintah teks dengan grafik dasar, seperti Pool of Radiance dan Bard’s Tale.
            Pada generasi kedua, game komputer rumahan sudah mulai bermunculan dengan tipe umum yang digunakan adalah arcade. Di era ini, terdapat berbagai macam merek konsol yang terbit. Pada 1982, Atari 400 mempopulerkan game Frogger dan Centipede, sedangkan Texas Instruments TI-99/4A dikenal karena Space Invaders-nya. Di tahun yang sama, Pac-Man diluncurkan di Atari 800, sedangkan Donkey Kong dibuat oleh Coleco Adam.

            Pada tahun 1983, minat pada konsol game mengalami penurunan drastis dan di saat bersamaan, game komputer menjadi semakin diminati. Pada saat bersamaan, penjualan komputer rumah jadi semakin meningkat dengan komputer Commodore 64 yang laris terjual saat itu. Nintendo saat itu mulai mengenalkan NES di Amerika Serikat ketika game komputer masih merajai pasar Eropa selama beberapa tahun.
            Pada tahun 1987, pasar IBM PC berkembang dari komputer bisnis menjadi salah satu perusahaan game komputer terbesar. Dengan EGA video card, pemain dapat memainkan game di PC murah secara lebih baik dari Commodore 64 atau Apple II. Kemudian, pada 1989, Computer Gaming World, majalah mengenai game komputer, melaporkan bahwa akan terjadi perubahan grafis menjadi VGA.
            Sound card pertama dibuat pada tahun 1987 dengan nama AdLib’s Music Synthesizer Card. Kartu ini memungkinkan pembuatan suara yang lebih kompleks, dimana sebelumnya masih menggunakan nada sederhana dan bunyi “beep”. Pada akhirnya, AdLib, produsen yang menciptakan sound card pertama tersebut, mengalami kebangkrutan pada tahun 1992.
            Pada tahun 1991, id Software meluncurkan game First-Person Shooter (FPS) populer pada eranya, yaitu Hovertank 3D. Sebelumnya, sudah ada produsen yang memproduksi game bergenre serupa, yaitu Stra Cruiser pada 1988 dan Day of the Viper pada 1989. Kemudian, tahun 1993 menjadi tahun kesuksesan Doom di PC sebagai game dengan grafik 3D.
            Pada tahun 1996, kesuksesan Microsoft Windows dan game Super Mario 64 mengakibatkan berkembangannya hardware dengan kemampuan grafik 3D yang baik. Game Rage (ATI), Mystique (Matrox), dan Tomb Raider (S3 ViRGE) dirilis tahun 1996  dan menjadi pelopor game Third-Person Shooter 3D.
            Pada perkembangan selanjutnya, kartu grafis untuk game menjadi semakin baik kualitasnya dengan Radeon R300 dan GeForce 6 Series sebagai beberapa pesaing utama. Kemudian, pada tahun 2005, nVidia merilis PhysX PPU dimana game yang menggunakan kartu grafis ini adalah Tom Clancy’s Ghost Recon Advanced Warfighter dan City of Villains. Perkembangan game komputer pun masih terus berjalan hingga saat ini.

Sejarah Game Smartphone
            Sebelum menjamurnya smartphone belakangan ini yang ditandai oleh persaingan antara Apple dengan Samsung, game mobile sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat pada tahun 1990-an. Game mobile memang baru muncul belakangan ketika ponsel perlahan-lahan mulai memasyarakat. Game pertama yang muncul pada ponsel adalah Tetris pada device Hagenuk MT-2000 pada tahun 1994.
            Pada tahun 1997, Nokia meluncurkan salah satu game mobile yang paling dikenang sepanjang masa, yaitu Snake. Game ini sudah dipasang pada setiap ponsel Nokia ketika itu dan menjadi game yang paling sering dimainkan dengan lebih dari 350 juta device di seluruh dunia. Variasi dari Snake pada Nokia 6110 menggunakan port infra merah dan menjadi game ponsel pertama yang dapat dimainkan dua orang.
            Saat ini, game mobile biasanya didapatkan dengan men-download menggunakan jaringan operator seluler. Namun, dalam beberapa kasus, ada game yang telah terpasang pada ponsel ataupun dari operator seluler. Game yang dapat di-download pertama kali dikenalkan pada tahun 2000. Namun, barulah pada peluncuran App Store oleh Apple pada tahun 2008, jumlah download game yang dilakukan menjadi semakin meningkat di kalangan pengguna smartphone.
            Pada tahun 2003, Namco merilis game pertarungan yang menggunakan kamera ponsel untuk membuat karakter sebagai profil pemain. Untuk memainkannya, karakter harus dikirimkan pada ponsel teman yang ingin diajak bertanding. Di tahun yang sama, Panasonic merilis game peliharaan virtual dimana peliharaan tersebut dapat diberi makan menggunakan foto dari ponsel.
            Pada awal 2000-an, mobile game mencapai popularitas di Jepang sebelum akhirnya mulai menyebar hingga Amerika Serikat dan Eropa. Pada masa ini, Nokia mulai membuat ponsel yang berbasis gaming dengan nama N-Gage pada tahun 2003, namun gagal karena banyaknya komplain dari pengguna mengenai ponsel ini.
            Kemudian, App Store diluncurkan pada tahun 2008 dan mengubah pasar dimana dahulu pengguna hanya bisa men-download melalui toko aplikasi pihak ketiga, seperti GetJar dan Handango. Pengguna Apple hanya bisa men-download aplikasi melalui App Store. Kemudian, pada Desember 2009, Angry Birds dirilis oleh Rovio Entertainment dan menjadi game mobile pertama yang sukses besar di App Store.
            Sampai saat ini, perkembangan game di smartphone semakin pesat dari waktu ke waktu. Tampilan grafisnya juga semakin membaik dari waktu ke waktu, bahkan sudah banyak bermunculan game berbasis 3D. Selain itu, munculnya Play Store untuk Android dan Windows Store untuk Windows Phone juga semakin membantu penggunanya untuk memilih game favoritnya. Game fenomenal pun semakin banyak bermunculan setelah booming Angry Birds, seperti Candy Crush Saga, Line Pokopang, Flappy Bird, hingga yang terbaru, yaitu 2048.


Hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam pebuatan game
Jika anda berminat untuk membat game berikut tahap-tahap dalam pembuatan game:

1.                  Tentukan genre game  Tentukan jenis dan ide seperti apa game yang akan kita buat, bagaimana cara memainkannya dan   sasaran game.
2.                  Tentukan tool yang ingin digunakan
Dengan apakah Anda ingin membuat game tersebut, biasanya game dibuat dengan bahasa pemograman, ada software yang menggunakan bahasa pemograman dalam pembuatan game atau sama sekali tidak membutuhkan pemograman dalam pembuatannya, sehingga Anda hanya perlu menggunakan mouse untuk mengatur jalannya game, karakter jagoan, musuh dan beberapa komponen game lainnya, software untuk membuat game sangat membantu Anda dalam membuat sebuah game.
3.                   Tentukan gameplay game
Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus ditentukan. Semua sistem yang digunakan dalam game disebut dengan gameplay.
4.                   Tentukan grafis yang ingin digunakan
Grafis  dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai kebutuhan game dan sesuai dengan kemampuan, pilih software apa yang ingin digunakan dalam pembuatan gambarnya, pilih yang paling mudah.
5.                  Tentukan suara yang ingin digunakanGunakan  suara/audio yang cocok dengan bagian-bagiannya. Kemudian pilih software yang ingin digunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game
6.                      Lakukan perencanaan waktuRencanakan waktu pembuatan game, dengan begitu bisa membuat game sesuai dengan urutan waktu. Perencanaan waktu pembuatan game ini sangat baik untuk dilakukan.
7.                  Proses pembuatanTerakhir, lakukan pembuatan game karena semua komponen yang diperlukan sudah disiapkan dari awal.

Jenis-jenis game PC

Dibawah ini adalah jenis atau klasifikasi beberapa game :

v    Simulation Games

Video Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium cloning. Video Game jenis ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas. Contoh: Sim City, The Sims, Tamagotchi.
v    Organizational-Dynamic Games
Game Online adalah game yang menggunakan internet network sehingga game ini dapat di mainkan atau di akses oleh siapa saja. Selain itu game ini juga tidak hanya dapat di akses oleh penduduk lokal saja tetapi bahkan hingga keluar negeri.
v    First Person Shooter(FPS)
Sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan). Contoh : Call of Duty, Counter Strike, Half Life dan sebgainya.
v    Real-Time Strategy(RTS)
Merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
v    Cross-Platform Online
Merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
v    Browser Games
Merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
v    Massive Multiplayer Online Games
Game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata
Contoh dari beberapa macam game online adalah :
– Ragnarok Online
– RF online
– Perfect World
– Yugioh! Online
– Ayo dance!
– Rohan Online
– dll.

v    Casual games
Sesuai namanya, game yang casual itu tidak kompleks, mainnya rileks dan sangat mudah untuk dipelajari ( bahkan cenderung langsung bisa dimainkan ). Jenis ini biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang standar pada jamannya dan ukurannya tidak lebih dari 100 MB karena biasanya dapat di download versi demo-nya di website resminya. Genre permainannya biasanya puzzle atau action sederhana dan umumnya dapat dimainkan hanya menggunakan mouse (biasanya game lain menggunakan banyak tombol tergantung game-nya). Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium


Sotware-software pembuatan game

Berikut adalah aplikasi terbaik yang bisa digunakan untuk membuat game. Tidak hanya yang mahir yang dapat membuat game, tetapi yang amatir juga dapat membuat game dengan menggunakan aplikasi ini.

1.                  Adventure Maker Free EditionAdventure maker dapat membuat game secara point and click dan perangkat lunak multimedia dalam hitungan menit. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk membuat game pada PC, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat game untuk PSP, iPhone  dan iPod.  Aplikasi ini juga tidak perlu menggunakan script, tinggal mengimport gambar ke aplikasi dan menghubungkan gambar satu dengan yang lainnya.
2.                   3D Game Studio Aplikasi ini cocok digunakan untuk edukasi dan simulasi, mudah digunakan untuk membuat game 2D maupun 3D. Aplikasi ini agak sulit digunakan bila kita belum memahami dasar tentang 3D maupun pembuatan game.
3.                  Adventure Game Studio
Digunakan untuk membuat game petualangan dalam tampilan semi-3D atau grafis. Menggunakan penggabungan IDE untuk mengatur sebagian aspek permainan dengan pemrograman untuk memproses logika permainan.
4.                       Game Maker
Aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi yang mudah digunakan. Aplikasi ini digunakan untuk membuat game di PC. Tidak diperlukan script, namun untuk membuat game yang lebih kompleks, tentu akan membutuhkan pemrograman, lebih di fokuskan untuk game jenis 2D.
5.                  Jump Craft
Aplikasi ini memungkinkan kita membuat game dengan mengklik-tarik komponen game ke area pembuatan game. Cocok untuk pengguna awam. Ada juga fasilitas untuk pemrograman sedrhana bagi para pemula. 

v    Freeware game engine/open source game engine
• Blender
• Golden T Game Engine (GTGE)
• DXFramework
• Ogre
• Aleph On

   Commercial engines/game engine berbayar (komersial)

• Alamo
• A.L.I.V.E
• BigWorld
• DXStudio
• Dunia Engine
• Euphoria
• GameStudio



Sumber:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Direktori Linux dan Windows

LINUX Linux adalah opensource OS yang bersifat multiuser juga multitasking yang   dapat berjalan dalam berbagai platform. OS Linux terdiri atas : 1. Kernel, inti dari sistem operasi 2. Program Sistem, dibutuhkan agar suatu OS dapat berjalan 3. Program Aplikasi, dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tertentu LINUX merupakan UNIX-like yang berarti sistem yang terdapat pada LINUX merupakan hasil dari pengimplementasian / varian dari OS UNIX yang memiliki struktur utama: 1. Kernel Linux Merupakan software original yang dibuat oleh komunitas Linux. Tugasnya adalah berinteraksi dengan hardware komputer. 2. System Libraries Bertugas mendefinisikan set standar dari suatu fungsi untuk membuat aplikasi dapat berinteraksi dengan kernel. Implementasi dari fungsi-fungsi ini ada pada fungsionalitas OS yang tidak membutuhkan hak penuh atas kernel. 3. System Utilities Merupakan program yang menunjukan tugas manajemen yang individual juga diperlukan untuk mengi

Proposisi, Inferensi, dan Implikasi

Preposisi            Proposisi ialah kalimat logika yang merupakan pernyataan tentang hubungan antara dua atau beberapa hal yang dapat dinilai benar atau salah. Dengan kata lain, Proporsisi sebagai pernyataan yang didalamnya manusia mengakui atau mengingkari sesuatu tentang sesuatu yang lain. Unsur – Unsur  Proposisi Setiap proposisi akan mengandung undur-unsur berikut ini, yaitu:  a. Term subyek     :  hal yang tentangnya pengakuan atau pengingkaran ditujukan. Term subyek dalam sebuah proposisi disebut subyek logis. Ada perbedaan antara subyek logis dengan subyek dalam sebuah kalimat. Tentang subyek logis harus ada penegasan/pengingkaran sesuatu tentangnya. b. Term predikat   :  isi pengakuan atau pengingkaran itu sendiri (apa yang diakui atau diingkari). Term predikat dalam sebuah proposisi adalah predikat logis yaitu apa yang ditegaskan/diingkari tentang subyek. c. Kopula             :  penghubung antara term subyek dan term predikat dan sekaligus mem

KOMPUTASI PARALEL

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll. Konsep Pararel Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel unt