Langsung ke konten utama

Resensi Buku Habibie 3

“Semua Untuk Indonesiaku"

 

Judul Buku      : HABIBI 3 Kecil Tapi Otak Semua
Penulis             : Andi Makmur Makka
Penerbit           : Edelweiss
Cetakkan         : Kedua, September 2012
Tebal               : XI + 185 halaman

 
Menginginkan bangsa Indonesia berkembang bahkan maju adalah cita-cita dari setiap masyarakat Indonesia. Begitu juga dengan seorang tokoh yang pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia ketiga yaitu Bacharudin Jusuf Habibie, atau sering kita menyebut beliau yaitu BJ Habibie. Buku ini merupakan biografi mengenai tokoh besar yaitu BJ Habibie, berisi perjalanan hidup beliau yang begitu sangat bersemangat dan keinginannya untuk membangun Indonesia serta kecintaan beliau terhadap Indonesia.

Berkontribusi untuk Indonesia, inilah yang selalu dilakukan oleh BJ Habibie. Setelah lulus SMAK Bandung dan melanjutkan pendidikannya di Jerman. Pemikiran beliau yang sangat luas, sangat bersahaja, dan bergerak aktif di organisasi dengan menjabat 40 jabatan.. dan beliau sangat senang sekali bahkan beliau ikut turun langsung memberi ucapan selamat datang untuk mahasiswa Indonesia yang akan menempuh pendidikan di Jerman. serta kecerdasan beliau dalam bidang teknologi membawa beliau hingga bekerja dan menjabat sebagai Kepala Departemen Riset Dan Pengembangan Analisis Struktur di Messerschmitt-Bölkow-Blohm Jerman yang saat itu masih bernama Hamburger Flugzeugbau. Messerschmitt- Bölkow-Blohm adalah perusahaan industri pesawat terbang terbesar didunia pada masanya. Menurut BJ Habibie “Penelitian itu indah sekali.” BJ habibie memang sangat mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan memang suatu bangsa akan berkembang dan besar karena sumber daya yang dimilikinya, baik sumber daya alam ataupun sumber daya manusia sebagai perencanaan negara yang produktif. Serta Terjun ke dunia politik menghantarkan beliau menjadi seorang wakil presiden dan akhirnya menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia  yang ke tiga dengan segala perubahan yang terjadi pada masanya.

Pembangunan Indonesia dibidang teknologi sangat kita butuhkan, bukan saja teknologi yang canggih tapi tekonologi tepat guna dan bermanfaat. “Kasih saya uang 500 juta dolar dan N-250 akan menjadi pesawat yang terhebat yang mengalahkan ATR,Bombardier,Dornie,Embraer dll. Kita tak perlu bergantung dengan negara manapun!” begitu besar keinginan beliau agar Indonesia menjadi negara mandiri. Beliau merupakan orang nomer satu dan juga pertamakalinya pencetus pembuatan pesawat terbang. Obsesi beliau pada peningkatan sumber daya manusia begitu menggebu. Peristiwa peluncuran N-250 dan N-235 tercatat dalam sejarah sebagai prestasi membanggakan bagi putra-putri bangsa Indonesia. Namun sayang, impian beliau yang juga impian bangsa Indonesia untuk mandiri yang nyaris terwujud kembali pupus.
BJ Habibie sangat mencintai Indonesia, hal ini pun diungkapkan oleh Hasri Ainun.. istri beliau,  bahwa sering dilihatnya setumpukkan puisi buatan suaminya yang ditujukan untuk Indonesia, Negara yang sangat dicintainya.

Pembaca bisa salah menafsirkan maksud dari si penulis sebab cerita rada menggantung untuk dilanjutkan di sub bab berikutnya.

Pada setiap sub bab nya membuat pembaca yang sedang menikmati alur cerita dan tanpa disangka sudah selesai sub bab tersebut di jabarkan..sehingga pembaca merasa tergugah dan penasaran untuk ingin membaca kelanjutan cerita kegiatan beliau. Dan buku ini berisi kegiatan sehari-hari BJ Habibie yang dikutip dari sumber-sumber terpercaya.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya, semoga bangsa Indonesia terus berkembang dan terus maju dengan sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya masing-masing demi terbangunnya pembangunan bangsa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Direktori Linux dan Windows

LINUX Linux adalah opensource OS yang bersifat multiuser juga multitasking yang   dapat berjalan dalam berbagai platform. OS Linux terdiri atas : 1. Kernel, inti dari sistem operasi 2. Program Sistem, dibutuhkan agar suatu OS dapat berjalan 3. Program Aplikasi, dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tertentu LINUX merupakan UNIX-like yang berarti sistem yang terdapat pada LINUX merupakan hasil dari pengimplementasian / varian dari OS UNIX yang memiliki struktur utama: 1. Kernel Linux Merupakan software original yang dibuat oleh komunitas Linux. Tugasnya adalah berinteraksi dengan hardware komputer. 2. System Libraries Bertugas mendefinisikan set standar dari suatu fungsi untuk membuat aplikasi dapat berinteraksi dengan kernel. Implementasi dari fungsi-fungsi ini ada pada fungsionalitas OS yang tidak membutuhkan hak penuh atas kernel. 3. System Utilities Merupakan program yang menunjukan tugas manajemen yang individual juga diperlukan untuk mengi

Proposisi, Inferensi, dan Implikasi

Preposisi            Proposisi ialah kalimat logika yang merupakan pernyataan tentang hubungan antara dua atau beberapa hal yang dapat dinilai benar atau salah. Dengan kata lain, Proporsisi sebagai pernyataan yang didalamnya manusia mengakui atau mengingkari sesuatu tentang sesuatu yang lain. Unsur – Unsur  Proposisi Setiap proposisi akan mengandung undur-unsur berikut ini, yaitu:  a. Term subyek     :  hal yang tentangnya pengakuan atau pengingkaran ditujukan. Term subyek dalam sebuah proposisi disebut subyek logis. Ada perbedaan antara subyek logis dengan subyek dalam sebuah kalimat. Tentang subyek logis harus ada penegasan/pengingkaran sesuatu tentangnya. b. Term predikat   :  isi pengakuan atau pengingkaran itu sendiri (apa yang diakui atau diingkari). Term predikat dalam sebuah proposisi adalah predikat logis yaitu apa yang ditegaskan/diingkari tentang subyek. c. Kopula             :  penghubung antara term subyek dan term predikat dan sekaligus mem

KOMPUTASI PARALEL

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll. Konsep Pararel Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel unt