Langsung ke konten utama

MENGENAL CLOUD COMPUTING



Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dibidang informasi menjadi salah satu senjata ampuh untuk bersaing dalam internasional. Karena itu istilah Cloud Computing saat ini sedang maraknya di bicarakan orang. Cloud Computing sebagai salah satu teknologi informasi telah dianggap mendukug kelancaran bisnis perusahaan-perusahaan dan menjadikan aktivitas kerja lebih efisien.

Cloud Computing adalah suatu bentuk evolusi lanjuta dari internet yang menggabungkan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembanga berbasis internet. Dalam istilah ini Cloud diartikan sebagai internet, sedangkan Computing diartikan sebagai proses komputasi. Jadi Cloud Computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyebut penggunaan teknologi komputer berbasis pengembangan internet dengan software dan sistem operasi yang terjadi secara online. Sehingga dalam hali ini internet dan semua yang bekaitan dengan internet menjadi terminal pusat dan informasi secara permanen tersimpan diserver internet dan tersimpan dalam jangka waktu sementara pada komputer pengguna(client) termasuk desktop, komputer tablet, netbook dan perangkat jenis lainnya.

Dengan anda menggunakan fasilitas Cloud Computing maka anda akan menghadapi resiko keamanan data yang disimpan atau yang diolah. Sebab jika anda menggunakan layanan Cloud Computing berarti anda menyerahkan data kepada provider penyedia layanan jasa tersebut.

Layanan-layanan Cloud Computing:

Cloud computing saat ini sangat populer, selain dari pemain besar software seperti Microsoft, IBM, Apple dan Google, perusahaan lain bermunculan hanya untuk menyediakan layanan berbasis awan sebagai pengganti atau penyempurnaan aplikasi pada PC saat ini. Beberapa dari perusahaan tersebut adalah Zoho.com, sebuah office suite online, Evernote.com, merupakan sebuah situs yang ditujukan untuk catatan online , dan RememberTheMilk.com, manajemen tugas online. Email yang tersedia dalam bentuk web mail merupakan contoh yang sangat kecil dari teknologi cloud computing. Dengan menggunakan layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail, orang tidak perlu lagi menggunakan Outlook atau aplikasi desktop lainnya untuk email mereka. Membaca email dengan browser memungkinkan dilakukan di mana saja sepanjang ada koneksi internet.

Tidak semua layanan yang ada di internet bisa dikategorikan sebagai Cloud Computing. Ada setidaknya beberapa syarat yang harus dipenuhi:
  1. Layanan bersifat "On Demand" pengguna dapat berlangganan hanya yang dia butuhkan saja dan membayar hanya untuk yang mereka gunakan saja. Misalkan sebuah layanan menyediakan 10 fitur user dapat berlangganan 5 fitur saja dan hanya membayar untuk 5 fitur tersebut.
  2. Layanan bersifat elastis/scalable, di mana pengguna bisa menambah atau mengurangi jenis dan kapasitas layanan yang dia inginkan kapan saja dan sistem selalu bisa mengakomodasi perubahan tersebut.
  3. Layanan sepenuhnya dikelola oleh penyedia/provider, yang dibutuhkan oleh pengguna hanyalah komputer personal/notebook ditambah koneksi internet.

Jangkauan Layanan Cloud Computing:


1.     Private Cloud Computing

Private Cloud Computing mampu menyediakan lingkungan kerja yang teratur, mengoptimalkan penggunaan sumber computing seperti server, memiliki kemampuan untuk mendukung lingkungan kerja tertentu, dan menyediakan penanganan hardware dan software sendiri.



2.      Public Cloud Computing

Pilihan bentuk public cloud bila usaha anda memiliki ciri-ciri berikut ini:

a.         Anda untuk menjalankan pekerjaan digunakan oleh banyak orang.

b.         Anda menggunakan aplikasi SaaS(Software as a Service) dengan tingkat keamanan yang tinggi.

c.         Anda membutuhkan kapasitas tambahan untuk saat-saat sibuk(peak time)

d.        Anda sedang melakukan proyek-proyek kolaborasi    



3.      Hybrid Cloud Computing

Merupakan penggabungan dari Prive Cloud dan Public Cloud.

Gunakan Hybrid Cloud bila usaha anda memiliki salah satu ciri-ciri dibawah ini:

a.       Perusahaan anda memberikan layanan untuk konsumen yang beragam. Misalnya agen asuransi, pegiriman barang, atau layanan kredit pada bank-bank.

b.      Perusahaan anda menggunakan aplikasi SaaS(Software as a Service) dan memerlukan sistem keamanan yang tinggi. Maka private cloud diterapkan didalam fiewall dan ditambahkan pula Virtual Private Network(VPN) sebagai pengamanan tambahan. Nah, dengan cara inilah Private Cloud dan Public Cloud telah dipadukan.

 
Komponen layanan Cloud Computing

Komponen yang diperlukan untuk menggunakan layanan Cloud Computing, yaitu :

1.      Cloud Clients
Seperangkat komputer atau software yang secara khusus didesain untuk penggunaaan layanan yang berbasis Cloud Computing. Misalnya Windows Mobile, symbian, firefox, chrome,cherryPall, Windows Terminal Service, dan lainsebagainya.

2.      Cloud Services
Produk layanan dan solus yang dipakai dan disampaikan secara real-time melalui media internet. Misalnya web service seperti OpenID, Oauth, Amazon Simple Queue Service, Paypal, Google Maps, Yahoo! Maps dan web service sejenis lainnya.

3.      Cloud Application
Aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan Cloud Computing dalam arsitektur software sehingga para penggunaannya tidak perlu menginstal namun isa mengunakan aplikasi dengan menggunakan kompute. Misalnya aplikasi BitTorrent,Facebook, Google Apps, dan lain sebagainya.

4.      Cloud Platfrom
Layanan berupa  platfrom komputasi yang terdiri dari hardware dan software infrastruktur. Misalnya Python Django, Rubyon Rails, .NET, layanan web hosting, dan Force.com

5.      Cloud Storage
Melibakan proses penyimpanan data sebagai sebuah layanan. Misalnya google Big Table, Amazon SimpleDB, Nirvanix CloudNAS, dan layanan sejenisnya.

6.      Cloud Infrastructure
Penyampaian infrastructure komputasi sebagai sebuah layanan. Misalnya Sun Grid, GoGrid, Skytab, dan Amazon Elastic Compute Cloud.


Dari sisi jenis layanan, Cloud Computing terbagi dalam 3 jenis layanan, yaitu :

1. Software as a Service (SaaS)
Software as a Service (SaaS) adalah layanan dari cloud computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Contoh: layanan email publik (Gmail, YahooMail, Hotmail, dsb), social network (Facebook, Twitter, dsb) instant messaging (YahooMessenger, Skype, GTalk, dsb) dan masih banyak lagi yang lain.
Dalam perkembangannya, banyak perangkat lunak yang dulu hanya kita bisa nikmati dengan menginstall aplikasi tersebut di komputer kita (on-premise) mulai bisa kita nikmati lewat Cloud Computing. Keuntungannya, kita tidak perlu membeli lisensi dan tinggal terkoneksi ke internet untuk memakainya. Contoh: Microsoft Office yang sekarang kita bisa nikmati lewat Office 365, Adobe Suite yang bisa kita nikmati lewat Adobe Creative Cloud, dsb.

2. Platform as a Service (PaaS)
Platform as a Service (PaaS) adalah layanan dari cloud computing dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, databbase engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Kita tidak perlu pusing untuk menyiapkan “rumah” dan memelihara “rumah” tersebut. Yang penting aplikasi yang kita buat bisa berjalan dengan baik di “rumah” tersebut. Untuk pemeliharaan “rumah” ini menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan.
Sebagai analogi, misal-nya kita sewa kamar hotel, kita tinggal tidur di kamar yang sudah kita sewa, tanpa peduli bagaimana “perawatan” dari kamar dan lingkungan-nya. Yang penting, kita bisa nyaman tinggal di kamar itu, jika suatu saat kita dibuat tidak nyaman, tinggal cabut dan pindah ke hotel lain yang lebih bagus layanan-nya. Contoh penyedia layanan PaaS ini adalah: Amazon Web ServiceWindows Azure,  bahkan tradisional hosting-pun merupakan contoh dari PaaS. Keuntungan dari PaaS adalah kita sebagai pengembang bisa fokus pada aplikasi yang kita buat, tidak perlu memikirkan operasional dari “rumah” untuk aplikasi yang kita buat.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)
Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan dari cloud computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb). Kita bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa. Mudah-nya, IaaS ini adalah menyewa komputer virtual yang masih kosong, dimana setelah komputer ini disewa kita bisa menggunakan-nya terserah dari kebutuhan kita. Kita bisa install sistem operasi dan aplikasi apapun diatas-nya.
Contoh penyedia layanan IaaS ini adalah: Amazon EC2, Windows Azure, TelkomCloudBizNetCloud, dsb. Keuntungan dari IaaS ini adalah kita tidak perlu membeli komputer fisik, dan konfigurasi komputer virtual tersebut bisa kita rubah (scale up/scale down) dengan mudah. Sebagai contoh, saat komputer virtual tersebut sudah kelebihan beban, kita bisa tambahkan CPU, RAM, Storage dsb dengan segera.


Kekurangan dan kelebihan Cloud Computing:

Kelebihan:
  1. Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya.
  2. Membuat lebih eglity dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat.
  3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah dimungkinkan karena system pribadi atau perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.
  4. Menjadikan kolaborasi yang terpecaya dan lebih ramping.
  5. Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan reliability dan kritikal sistem informasi yang kita bangun.

Kekurangan:

Hal yang paling wajib dalam komputasi awan adalah koneksi internet, internet bisa dibilang jalan satu-satunya jalan menuju komputasi awan, ketika tidak ada koneksi internet ditempat kita berada maka jangan harap bisa menggunakan sistem komputasi awan. Hal ini masih menjadi hambatan khsusnya bagi Indonesia, karena belum semua wilayah di tanah air terjangkau oleh akses internet, ditambah lagi sekalipun ada koneksinya belum stabil dan kurang memadai.

Kualitas server komputasi awan adalah salah satu pertimbangan terpenting sebelum kita memutuskan untuk menyediakan jasa penyedia server komputasi awan. Bukan tidak mungkin kita akan dirugikan ketik server tempat dimana kita menyimpan file atau akses program sewaktu-waktu akan down atau berperforma buruk, alih-alih kita semakin dimudahkan dengan komputasi awan justru kita malah dirugikan karena kualitas server yang buruk.


sumber ::

Agung Gregorius;2010;Trik Mengoperasikan PC Tanpa Software;Yogyakarta;PT Elex Media Komputindo;

       http://makanmakancumicumi.blogspot.com/2012/05/tentang-cloud-computing.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Direktori Linux dan Windows

LINUX Linux adalah opensource OS yang bersifat multiuser juga multitasking yang   dapat berjalan dalam berbagai platform. OS Linux terdiri atas : 1. Kernel, inti dari sistem operasi 2. Program Sistem, dibutuhkan agar suatu OS dapat berjalan 3. Program Aplikasi, dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tertentu LINUX merupakan UNIX-like yang berarti sistem yang terdapat pada LINUX merupakan hasil dari pengimplementasian / varian dari OS UNIX yang memiliki struktur utama: 1. Kernel Linux Merupakan software original yang dibuat oleh komunitas Linux. Tugasnya adalah berinteraksi dengan hardware komputer. 2. System Libraries Bertugas mendefinisikan set standar dari suatu fungsi untuk membuat aplikasi dapat berinteraksi dengan kernel. Implementasi dari fungsi-fungsi ini ada pada fungsionalitas OS yang tidak membutuhkan hak penuh atas kernel. 3. System Utilities Merupakan program yang menunjukan tugas manajemen yang individual juga diperlukan untuk mengi

Proposisi, Inferensi, dan Implikasi

Preposisi            Proposisi ialah kalimat logika yang merupakan pernyataan tentang hubungan antara dua atau beberapa hal yang dapat dinilai benar atau salah. Dengan kata lain, Proporsisi sebagai pernyataan yang didalamnya manusia mengakui atau mengingkari sesuatu tentang sesuatu yang lain. Unsur – Unsur  Proposisi Setiap proposisi akan mengandung undur-unsur berikut ini, yaitu:  a. Term subyek     :  hal yang tentangnya pengakuan atau pengingkaran ditujukan. Term subyek dalam sebuah proposisi disebut subyek logis. Ada perbedaan antara subyek logis dengan subyek dalam sebuah kalimat. Tentang subyek logis harus ada penegasan/pengingkaran sesuatu tentangnya. b. Term predikat   :  isi pengakuan atau pengingkaran itu sendiri (apa yang diakui atau diingkari). Term predikat dalam sebuah proposisi adalah predikat logis yaitu apa yang ditegaskan/diingkari tentang subyek. c. Kopula             :  penghubung antara term subyek dan term predikat dan sekaligus mem

KOMPUTASI PARALEL

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll. Konsep Pararel Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel unt