Nama : Novia Nur Hasanah
NPM : 55412399
Kelas : 3IA25
Pengaruh kebudayaan dan teknologi dalam
membuat desain grafis
Karya cipta melalui desain mampu membarikan
kontribusi terhadap perkembangan yang terjadi seperti saat ini dengan adanya faktor
kebudayaan pun dapat melekat pada unsur desain seperti halnya kerajian kramik,
guci, kain batik dan lain sebagainya yang merupakan hasil darii Seorang desainer yang
menggunakan berbagai macam cara untuk dapat menyampaikan arti dari sebuah
desain (gambar) itu sendiri, dan biasanya dapat memanfaatkan berbagai macam
norma – norma budaya bersama, nilai – nilai, sejarah dan bahasa. Penggunaan
sebuah symbol dari masa lalu untuk mendukung suatu sudut pandang tertentu yang
memiliki sebuah arti keindahan.
Dan dengan adanya
teknologi memberikan ruang kemudahan pula bagi desainer untuk mengembangkan
hasil karyanya untuk disebar luaskan melalui media teknologi,dan tidak hanya
desainer yang mampu mendapatkan pengaruhnya namun juga para penikmat keindahan
dari desain grafis sendiri.
Bidang study yang berkaitan dengan desain
pemodelan grafis :
a.
Psikologi
Karya cipta
dihasilkan dari ide-ide dan pemikiran dari si pembuat desain, sehingga melalui bidang
psikologi yang diambil dari kemampuan kognitif seseorang yang mampu menciptakan
citpt dan karsa dari desain pemodelan grafis yang bersumber dari jiwa yang
dituangkan kedalam suatu desain.
b.
Ergonomi
ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem,
serta profesi yang mempraktekkan teori,
prinsip, data, dan metode
dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan,
kelemahan, dan keterampilan manusia. Sehingga bidang study ergonomi pada desain
pemodelan grafis dapaat melenkapi unsure dalam pembuatan pendesainan.
c.
Sosiologi
Sosiologi
dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem
manusia-komputer pada struktur lingkungannya. Yang dapat berkaitan dengan
pendesainan pemodelan grafik
d.
Antropologi
Antropologi
(Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer.
Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di
kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam
aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim
kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
e.
Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan
dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus,
misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
Manfaat desain pemodelan grafik dalam
berbagai bidang :
a.
Budaya
Dalam membuat
desain dimedia komputer, kita dapat langsung men-share hasil karya kita
keseluruh dunia melewati internet pastinya, jadi seluruh budaya bangsa ini bisa
dapat dikenal dengan mudah oleh dunia. Cukup mudah untuk memperkenalkan suatu
budaya negara ke dunia, kita tinggal membuat desainnya dikomputer menggunakan software
model grafik.
b.
Hiburan
Dengan adanya
pemodelan grafis secara langsung berhubungan dengan hiburan salah satu
contohnya terdapat pada acara televisi yang mengemas sajian pemodelan grafis
sehingga dapat menghibur para penonton.
c.
Pendidikan
Di dalam
dunia pendidikan pun pemodelan grafis dapa dimanfaatkan seperti menjadi media
pembelajaran bagi siswa agar mampu memahami pelajaran yang dituangkan didalam
pemodelan grafis.
d.
Ekonomi
Pertumbuhan
ekonomi desain emodelan grafis pun dapat menghasilkan rupiah dari hasil yang
diciptakan oleh para pendesain pemodelan
grafis
e.
Teknologi
Manfaat
teknologi Teknologi juga dapat mempengaruhi berbagai macam desain yang akan
diproduksi dan juga dapat berpengaruh juga dalam perkembangan di dalam sebuah
gaya, seni, dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercemin
dalam sebuah bentuk desain, sebuah teknologi juga dapat menawarkan seorang
desainer dengan berbagai macam media yang dapat dipakai dalam proyek – proyek
atau tugas –tugas yang sedang mereka kerjakan.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar